Kamis, 06 Juni 2013

Pelatnas Wilayah C ( Pulau Jawa ) – 29 Maret s/d 31 Maret 2013

Namo Buddhaya..
Pada hari Jum’at tanggal 29 Maret 2013 pemuda-pemudi Jawa Barat menjadi tuan rumah Pelatnas Wilayah C ( Pulau Jawa ) yang bertempat di Lembah Nyiur Hotel, Cisarua Bogor. Terutama Vihara Buddhasena yang menjadi tuan rumah utamanya. Kami PMVSAG ikut serta dalam Pelatihan Nasional ini, pada hari Jum’at pukul 05.00 WIB kami berangkat menuju tempat tujuan. Perjalanan yang kami tempuh cukup jauh,maka dari itu kami pergi pagi-pagi sekali.
Ditengah perjalanan kami lewati dengan canda dan tawa bersama. Tak terasa kami sudah tiba di luar tol Ciawi,disana kami terjebak macet yang sangat panjang. Kami terjebak macet sekitar 2 jam,lalu anak-anak pun akhirnya keluar dari mobil untuk mencari udara karena cuacanya panas sekali. Setelah beberapa menit kami menunggu diluar,akhirnya mobil pun bisa berjalan lancar. Tibalah kami ditempat tujuan yaitu di Lembah Nyiur Hotel,Cisarua Bogor.
Lalu kami langsung menaruh tas dan mengikuti acara Pembukaan Pelatihan Nasional. Setelah pembukaan,kami mengikuti sesi 1 : “ Buddhayana Value “ oleh “ Bpk.Sudhamek A.W.S “
Inti dari sesi 1 adalah : Nilai-nilai Buddhayana berhubungan dengan transformasi diri. Transformasi diri itu jika d idiri kita ada budaya. Apa & mengapa Buddhayana? Ada beberapa tantangan krusial : Agresifitas agama lain, Pandangan yang menghembuskan agama Buddha adalah agama yang “ Baheula “, dan lain-lain. Dan ada juga beberapa artis terkenal menganut agama Buddha : Roberto Fabio ( Italia ), Angelina Jolie, Jennifer Lopez,dan lain-lain. Lalu agama Buddha dibagi 2 : Agama Bumi & Agama Wahyu. Dan juga memiliki 2 dimensi : Liberatif (Vertikal) & Akomodatif (Horizontal). Sekte-sekte muncul = dimensi akomodatif. Buddhayana lahir pada 04 Juli 1955.
Nilai Buddhayana = Non-sektarian,inklusiuisme, pluralisme,universalisme,keyakinan kepada dhammakaya. Jadi paham Buddhayana itu adalah ajaran Buddha “ASALI” ( : source Buddhism ) itu sendiri yang melihat Buddhayana secara horistik.
Setelah mengikuti sesi 1,kami semua makan siang dan menaruh tas ke dalam kamar masing-masing. Lalu setelah itu kembali ke aula untuk persiapan sesi 2. Akhirnya sesi 2 pun dimulai, sesi 2 : “Mindfull and serve to others and our self “ oleh “ Bpk.Budiman “. Setelah 2 jam mengikuti sesi ke-2 kami pun diberi waktu untuk istirahat sejenak selama 15 menit. Lalu kami pun mandi dan makan malam. Semua peserta makan di restoran hotel Lembah Nyiur. Hari sudah berganti menjadi malam dan tibalah waktunya semua peserta untuk kebaktian yang dipimpin oleh ko Felix (facebook).
Setelah kebaktian ada “Penghayatan Dhamma” bersama Bhante Dharmavimala Mahathera dan Samanera Samantha. Setelah penghayatan dhamma kami juga mengikuti acara sesi perkenalan. Setiap PMV menyebutkan nama dan asalnya masing-masing. Setelah sesi perkenalan para peserta bergegas pergi ke kamar untuk beristirahat.
Hari ini tanggal 30 Maret 2013 adalah hari kedua kami semua mengikuti Pelatnas Wilayah C. Jawa Barat sebagai tuan rumah mendapatkan tugas untuk bangun lebih awal dari peserta-peserta lainnya. Kita dapat tugas untuk membantu panitia. Setelah semuanya sudah siap para peserta dikumpulkan di ruang Dhammasala. Kita akan melakukan kebaktian pagi yang dipimpin oleh ko Widya dan ko Niko. Setelah kebaktian para peserta pun menuju restoran hotel Lembah Nyiur untuk sarapan pagi. Setelah makan pagi setiap peserta memasuki ruangan masing-masing untuk mengikuti sesi selanjutnya yaitu sesi 3 : “ Komisi “. Pada sesi ini dibagi dalam 3 bagian : Organisasi, IPGABI,dan Medkom. Waktu sudah berjalan 2 jam,sekarang waktunya para peserta untuk istirahat sejenak.
Selanjutnya masuk ke sesi 4 : “ Human Relationship “ oleh ko Roby Oktober (facebook). Beliau memulai pembukaan sesi dengan sangat semangat. Dan juga selama beliau mengisi di sesi 4 beliau menyampaikan materi disertai oleh lelucon-lelucon yang membuat para peserta bersemangat untuk mendengarkannya. Setelah itu para peserta kembali lagi pergi menuju restoran hotel untuk makan siang.
Selanjutnya para peserta kembali terbagi dalam 3 bagian,kita akan melanjutkan sesi 5 : ‘’ Komisi “. Di bagian Organisasi isinya tentang asal-usul SEKBER,visi dan misi SEKBER. Di IPGABI tentang bagaimana menjadi pembina GABI yang baik dan di bagian Medkom tentang bagaimana cara menjadi pembawa acara yang benar. Para peserta kembali diberi waktu untuk istirahat sejenak dan lalu masuk ke persiapan sesi 6 : “ Kepemimpinan Organisasi dalam PMV “ oleh ko Edy Johan.
Beliau membawakan sesi ini melalui sebuah permainan yang sangat menyenangkan yang bernama Chieftain Game. Para peserta dibagi dalam 18 kelompok dan mereka akan menjadi Human Team dan Orc Team secara bergantian. Human Team bertugas untuk menyelamatkan diri dari serangan Orc Team yang akan menyerang memakai balon isi air yang akan dilemparkan ke Human Team. Meskipun cuaca hujan para peserta tetap semangat mengikuti permainan ini.
Setelah basah-basah para peserta segera mandi dan makan malam. Lalu bersiap-siap untuk mengikuti kebaktian malam dan penghayatan dhamma. Kebaktian dipimpin oleh ko Felix dan penghayatan dhamma oleh Bhante Dharmavimala Mahathera dan Samanera Samantha. Lalu tiba saatnya acara Malam Keakraban.
Makrab kali ini diisi oleh bernyanyi dan menari yang akan ditampilkan oleh peserta dari bagian IPGABI dan tidak lupa bersama-sama menari Kepompong dan Kita Bisa. Lalu pemutaran video Pelatnas yang sudah disiapkan oleh panitia dan pemutaran video para peserta yang berulang tahun bulan Maret. Makrab tidak hanya selesai sampai disini masih ada 1 lagi. Para peserta diminta untuk pergi ke lapangan untuk melepaskan lampion ke langit. Hal ini adalah merupakan salah satu simbol untuk mengirimkan harapan SEKBER. Akhirnya para peserta kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat.
Hari ini tanggal 31 Maret 2013 adalah hari ketiga kami semua mengikuti Pelatnas Wilayah C. Matahari yang cerah menyinari pagi kita yang sangat baik ini. Para peserta bersiap-siap untuk kebaktian yang akan dipimpin oleh ci Iva (facebook). Setelah kebaktian kami semua makan pagi dan bersiap-siap untuk mengikuti Outbond. Sebelum outbond para peserta dikumpulkan ditengah lapangan untuk foto bersama terlebih dahulu. Lalu siaplah kami untuk outbond. Outbondnya sangat seru bahkan 3 jam pun tak terasa. Setelah outbond kami semua bersih diri dan beres-beres. Lalu makan siang dan akhirnya penutupan pelatnas. Setelah penutupan kami semua pulang ke rumah masing-masing..