Kamis, 06 Juni 2013

Latihan Meditasi 7 dan 8 Maret 2013

Protokol: Romo pannajayo
Penceramah:Bhante Alokha
Penulis: Raditha (facebook)
Tema:Meditasi Anapanasati
    Pada kesempatan kali ini kita semua patut bersyukur karena pada malam yang indah ini, tepatnya pada rabu dan kamis malam tanggal 7 dan 8 Maret 2013, ini kita umat Vihara Surya Adhi Guna Rengasdengklok mendapat kesempatan baik, karena pada kesempatan ini kami para umat mendapatkan kesempatan baik untuk mengembangkan ajaran Buddha. Kita semua dapat berlatih meditasi bersama-sama dan pada kesempatan kali ini, latihan meditasi dibimbing oleh Bhante dan dapat mendengarkan Dhamadesan atau wejangan dari Bhante. Sosok Bhante Alokha sudahlah tidak asing lagi bagi kami umat Vihara Surya Adhi Guna, hal ini dikarenakan dulu sebelum beliau menjadi Anggota Sangha, beliau merupakan umat dari Surya Adhi Guna ini. Bhante sudah lama membantu dan memberikan banyak hal-hal yg bermanfaat untuk umat Vihara ini.
    Pada kesemptan kali ini setelah Bhante membimbing kami semua dalam berlatih meditasi, bhante juga memberikan dhamma mengenai meditasi anapanasati. Mungkin sebagian umat Buddha sudah tidaklah asing lagi jika mendengar kata meditasi. Selain itu untuk para umat yang sudah pernah berlatih meditasi atau melakukan meditasi pasti sudahlah tidak asing lagi dengan meditasi anapanasi. Pada umumnya pasti semua sudah mengenal apa itu meditasi anapanasati. Bhante menjelaskan bahwa meditasi anapanasiti adalah suatu metode dalam meditasi yang paling sederhana dan dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan juga oleh siapa pun. Serta dalam metode ini tidak ada pantangan atau larangan tertentu. Namun karena terlalu sederhana mungkin ada sebagian orang yang malah meremehkan metode ini. Sebaiknya kita jangan meremehkan metode ini. Karena dengan berlatih meditasi ini kita akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak.
    Dalam metode meditasi anapanasati ini yang menjadi objek meditasi adalah nafas, dalam hal ini kita memperhatikan keluar dan masuknya nafas kita, serta bukan hanya memperhatikan saja tetapi juga menyadarinya. Melalui meditasi anapanasati ini kita akan memperoleh ketenangan didalam batin. Jika meditasi ini dilatih dengan baik maka kita bukan hanya akan memperoleh ketenangan saja tetapi juga kebahagiaan. oleh karena itu berlatihlah meditasi dengan baik dan penuh semangat.
Semoga bermanfaat...
Semoga semua makhluk berbahagia..
sadhu3x

Be Happy :) (nk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search