Minggu, 09 Juni 2013

Bagaimana Kita Membuat Diri Kita Menjadi Berubah, Sehingga Dunia Dapat Berubah?


Kebaktian Umum
‘Bagaimana Kita Membuat Diri Kita Menjadi Berubah, Sehingga Dunia Dapat Berubah?’

Rengasdengklok, 22 Maret 2013
Protokol                       : Romo Pannajayo
Penyalahan Lilin Altar    : Bapak Embeng Sutiono
Pembaca Dhammapada: Ibu Murniati
Pengisi                        : Ponijan Liaw





Penulis                        : Felitta Anjani Usen
    Namo Buddhaya teman-teman se-Dhamma, pada hari Jumat tanggal 22 Maret 2013 cuaca di Rengasdengklok agak sedikit kurang baik. Tetapi umat tetap bersemangat untuk pergi ke Vihara dan berbuat karma baik. pada kesempatan kali ini kita kedatangan seorang pencermah yang hebat dan memiliki wawasan yang luas yaitu bapak Ponijan Liaw yang biasa akrab dipangil Dr Po yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua, beliau merupakan seorang komunikator No 1 Indonesia. pada kesempatan kali ini beliau membawakan tema “Bagaimana Kita Membuat Diri Kita Menjadi Berubah, Sehingga Dunia Dapat Berubah?” Dr. Po menjelaskan bagaimana cara kita agar dapat merubah diri kita sehingga dunia pun dapat berubah. salah satu caranya adalah dengan menjalankan perbuatan yang baik dengan sadar.
    Ketika masih muda terkadang kita merasa kita bebas untuk berbuat apa saja yang kita inginkan dan memiliki imajinasi untuk mengubah dunia, tetapi itu hanya terbatas pada bermimpi saja. Saat semakin bertambah dewasa dan bijaksana, maka kita baru sadar bahwa dunia tidak dapat berubah, tetapi kita tetap berusaha untuk mengubah Negara dan masyarakat agar negara dapat lebih damai dan tentram. untuk dapat mengubah dunia maka pertama-tama kita harus dapat merubah diri kita sendiri terlebih dahulu maka dengan demikian dunia pun akan ikut berubaha karena diri kita berubah. selain itu Dr. po juga menjelaskan ada 3 jenis perbuatan dalam hidup yaitu:
1. Mindset (pikiran) : Seperangkat keyakinan atau pola pikir yang menentukan sifat seseorang, cara pandang dan sikap mentalnya.
Mindset dapat di bagi lagi menjadi 2:
- Kemampuan tidak dapat berubah.
- Kemampuan dapat berubah.
2. Ucapan: segala hal yang kita ucapkan yang berasal dari pikiran dan hati.
3. Moralitas: hal yang mendorong manusia untuk melakukan kewajiban sesuai norma atau aturan yang berlaku.
Jadi pada intinya perubahan itu harus dimulai dari diri kita sendiri mulai dari merubah maindset, ucapan dan miralitas atau tindakan menjadi lebih baik dari sebelumnya agar mampu mengubah dunia menjadi lebih baik lagi.
   Semoga rangkuman ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Sadhu.. Sadhu.. Sadhu

Be Happy :) (nk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search