Kamis, 06 Juni 2013

Kebaktian Remaja 9 Maret 2013

Protokol: Wirya (facebook dan twitter)
Penyalahan Lilin: Tasya (facebook dan twitter)
Dhammapada: Nira (facebook dan twitter) dan Nanda (facebook dan twitter)
Penceramah: Sidhi (facebook dan twitter)
Penulis: Yessica (facebook dan twitter)
Tema: Kenyataan Hidup


Namo Buddhaya.. 
Pada hari Sabtu, 9 Maret 2013, Pemuda-pemudi Vihara Surya Adhi Guna tetap semangat untuk datang ke vihara untuk melakukan puja bakti, walau pun pada pukul 18.00 di Rengasdengklok saat itu cuaca turun hujan tetapi hujan tidak menurunkan semangat mereka datang ke vihara untuk berbuat karma baik. Pada kebaktian malam hari ini saudara Sidhi mendapatkan kesempatan baik untuk mencoba memberikan dhammadesana. Pada kesempatan kali ini sidhi menjelaskan mengenai kenyataan yang ada di dalam hidup. Ada sesuatu hal yang oleh banyak orang dianggap benar tetapi sebenarnya sesutu itu tidaklah benar adanya.tetapi sebelum kita membahas hal tersebut, kita perlu mengetahui bahwa dalam hidup ini segala sesuatu mengalami suatu proses dimana segalanya muncul lalu berlangsung dan akan lenyap. Proses ini akan terus terjadi dalam hidup kita selama kita masih berada didalam lingkaran samsara, proses itu akan akan berakhir jika kita sudah mencapai tingkat kesucian arahat.
Kita pun harus mengetahui bahwa kebahagiaan itu ada 2 macam sebenarnya. Yang pertama kebahagiaan yang bermata kail, yaitu kebahagiaan yang kita rasakan dalam tahap duniawi, kadang seseorang menganggap kebahagiaan itu adalah kebahagiaan yang tertinggi,bersifat abadi dan kekal adanya, tetapi dalam kenyataannya kebahagiaan yang kita rasakan itu mengalami suatu proses perubahan dan di saat perubahan itu terjadi kebahagiaan yang kita rasakan itu memudar saat kebahagiaan itu memudar ketika ada kemelekatan didalamnya maka di saat itu juga kita mengalami suatu penderitaan. Kebahagiaan yang kedua adalah kebahagiaan yang tak bermata kail dimana kebahagiaan tersebut dapat membawa kita keluar dari lingkaran samsara. Dengan penjelasan tersebut kita menjadi mengerti bahwa sesuatu hal yang oleh banyak orang dianggap benar tetapi sebenarnya sesutu itu tidaklah benar itu adalah kebahagiaan yang bermata kail, hal ini dikarenakan kebanyakan orang menganggap kebahagiaan bermata kail itu bersifat kekal dan kita melekat kepadanya.
Dalam hal ini saudara sidhi memberikan contoh, kalo punya pacar terus misalnya kita ditinggal atau dicuekin sama pacar kita gara-gara dia terlalu asik maen game terus jadi lupa sama kita, di saat itu kita akan merasa marah,dan menjadi galau,dengan munculnya perasaan galau di situlah muncul atau terciptanya penderitaan karena kemelekatan.
Selanjutnya sidhi juga menjelaskan bahwa dalam hidup ini tersusun oleh panca khanda (lima kelompok kehidupan) yang terdiri dari 2 bagian yaitu nama (batin) dan rupa (jasmani). Dimana pada batin batin itu terbagi atas 4 unsu yaitu, perasaan (vedana), sanna (pencerapan), sannkara (pikiran) dan vinnana (kesadaran). Sedangkan pada jasmani mencakup 5 panca indria yang terdiri atas mata (pengelihatan), telinga (pendengaran), lidah (perasa), kulit (sentuhan), hidung (penciuman). Banyak orang terutama ramaja saat ini memandang bahwa badan atau jasmani ini adalah sesuatu yang kekal, indah dan memuaskan, padahal pada kenyataannya bahwa badan jasmani ini sebenarnya tidaklah kekal adanya, dan akan mengalami perubahan dan tidak ada sesuatu yang indah pada badan ini karena badan ini merupakan campuran dari banyak unsur yang sebenarnya menjijikan.Melalui pancakanda ini pun dapat muncul suatu penderitaan.Penderitaan itu akan muncul sebebkan oleh adanya kontak antara kondisi diluar diri kita dengan panca khanda (misalnya salah satu dari pancakanda), akibat adanya kontak itu akan memunculkan kemelekatan dan disaat ada kemelekana disitu maka penceritaan pun muncul.hal ini dapat terjadi jika kita belum mampu untuk mengerti dan memahami mengenai kenyataan dalam hidup ini dan kita pun belum mampu mengntrol pikiran kita serta menghilangkan kemelekana. 
Demikian apa yang telah disampaikan oleh saudara sidhi dalam kebaktian kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membawa kebijaksanaan bagi semua.
Semoga semua makhluk berbahagia.....
Sadhu 3x
Be Happy :) (nk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search