Rabu, 05 Juni 2013

Kebaktian GABI 24 Maret 2013

SALING TOLONG MENOLONG
 Haloooo!! Namo Buddhayaa. Hari ini kita cerita yaa :)

   Hari ini, Minggu tanggal 24 Maret 2013 kami semua mengawali pagi yang indah dan cerah. Ini membangkitkan kita semua untuk melakukan aktivitas di Minggu pagi seperti biasanya yaitu pergi ke vihara untuk kebaktian dan belajar dhamma bersama-sama.
    Wah hari ini GABI VSAG akan mendengarkan beberapa cerita Buddhis yang tema nya tolong menolong lho. Cerita nya akan disampaikan oleh om Yanto. Pasti seru nih makanya anak-anak GABI langsung duduk ke depan untuk berkumpul dan mendengarkan ceritanya bersama-sama.
    Om Yanto punya 3 macam cerita Buddhis yang akan disampaikan pada anak-anak GABI,tetapi ketiga ceritanya semua mengajarkan kita untuk tolong-menolong sesama mahluk. Cerita yang pertamanya :
“ Dahulu kala hiduplah seorang Putri bernama Putri Malika. Dia suka berbuat baik kepada semua mahluk. Misalnya membantu orang yang sedang membutuhkan,membantu orang tua dan lain-lain. Namun suatu hari dia melakukan perbuatan jahat. Hingga pada akhirnya dia meninggal,dia akan terlahir di alam Neraka tetapi dalam jangka waktu yang pendek. Dan kemudian akan terlahir di alam Surga dalam waktu yang panjang. Karena di kehidupan lampaunya dia lebih banyak melakukan perbuatan baik daripada perbuatan jahatnya.”
Cerita keduanya :
“ Suatu hari ada seorang perampok sadis yang suka melakukan perbuatan jahat. Misalnya membunuh dan merampok. Lalu sehabis pulang melakukan perbuatan jahat dia pergi ke sungai. Di sungai itu terdapat bermacam-macam ikan. Saat itu dia langsung memberi makan ikan-ikan tersebut dengan menaburkan pelet-pelet untuk ikan. Keesokan harinya dia kembali melakukan perbuatan jahat seperti biasanya,namun pada hari itu dia sedang kurang beruntung. Dia tertangkap, lalu dia dipukuli oleh warga sekitar sampai meninggal. Akhirnya dia terlahir di alam Surga dalam jangka waktu pendek dan di alam Neraka dalam jangka waktu yang panjang. Karena pada kehidupan lampaunya dia lebih sering melakukan perbuatan jahat daripada perbuatan baik,berbeda dengan cerita Putri Malika tadi.”
Cerita ketiga :
“ Ada seorang anak kecil yang pergi ke kebun binatang. Disana banyak binatang-binatang,anak kecil itu melihat seekor gorila. Dia sangat antusias untuk melihat gorila itu hingga akhirnya dia terjatuh ke kandang gorila-gorila itu. Anak kecil itu sudah hampir meninggal karena mau digigit oleh gerombolan gorila yang ada dikandang itu,namun ada 1 gorila yang baik hati bernama si Jambo. Dia melindungi anak kecil itu dari serangan teman-temannya dan akhirnya si Jambo yang diserbu dan dia meninggal. Namun karena jasa kebaikannya dibuatlah patung dan diabadikan lah dia di kebun binatang tersebut.”
Jadi kita harus punya sifat :
Otappa = Malu berbuat jahat.
Hiri = Takut akan akibat perbuatan jahat.

    Ceritanya selesai lalu sekarang om Yanto mengadakan sesi tanya jawab lho. Siapa pun yang bisa menjawab pertanyaan dari om Yanto akan dikasih hadiah berupa liontin Sang Buddha. Mendengar seperti itu anak-anak GABI tambah semangat untuk memperebutkan liontinnya.

    Semoga setelah membaca cerita diatas, kita bsa mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari ya teman :) Be Happy ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search