Senin, 22 Juni 2009

Games : Bermain sambil belajar

Kebhaktian Remaja, 20 juni 2009
Protokol : Melisa
Penyalaan Lilin Altar : Andriyan
Pembacaan Dhammapada : Widya dan Andriyan
Games : Yessica F. S. & Grace C.

Penulis : Grace Chandra ( Facebook )


Kebhaktian remaja kali ini berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya. Malam ini kebhaktian diisi dengan acara games yaitu games cerdas cermat. Acara ini diikuti oleh 27 orang dan semuanya mengikuti acara games ini dengan bersemangat dan antusias. Tujuan dari acara games ini adalah untuk menambah keakraban sesama umat remaja Vihara Surya Adhi Guna dan untuk bergembira bersama sambil belajar Dhamma.

Pada awal acara semua peserta mengambil undian pembagian kelompok. Setelah undian dilakukan akhirnya terbentuklah tiga kelompok yang terdiri dari kelompok Sila, Samadhi dan Panna. Pada sesi pembagian kelompok ini juga diberitahukan bahwa diharapkan semuanya jujur akan semua hasil undiannya dan tidak diperkenankan untuk mengubah anggota kelompoknya. Selain itu juga diharapkan semuanya mau menerima hasil games apa adanya.
Ketiga kelompok masing-masing menerima lima pertanyaan wajib pada awal sesi tanya jawab. Setelah melewati sesi lima pertanyaan wajib kemudian dilanjutkan dengan sesi rebutan yang terdiri atas delapan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan mencakup pengetahuan tentang riwayat hidup Buddha, pengetahuan bahasa pali, pengetahuan paritta, pengetahuan umum tentang buddhis, dan vihara gita. Pada pertanyaan mengenai vihara gita, setiap kelompok akan diberi sebuah penggalan lagu buddhis dan kelompok tersebut harus memberi tahu judul lagu tersebut dan menyanyikan lagu tersebut secara lengkap.
Akhirnya acara ini diselesaikan dengan baik dan menghasilkan pemenang yaitu kelompok Sila dengan nilai 900. Untuk juara ke dua diraih oleh kelompok Panna dan juara ketiga diraih oleh kelompok Samadhi. Demikianlah ringkasan cerita mengenai games yang telah kami lakukan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search