Sabtu, 11 April 2009

Vihara Surya Adhi Guna - Legendaris

Fase Pertama : Awalnya umat Buddha di Rengasdengklok kebhaktian di rumah umat. Kami saat itu kebhaktian dari rumah umat yang satu ke umat yang lain secara bergalian. Saat itu ada kurang lebih tiga rumah umat yang digunakan untuk kebhaktian bersama yaitu: rumah Alm. Mitra s, rumah Alm. Yatna Suwarna dan rumah Alm. Ayah saya.
Fase Kedua : Mengingat umat Buddha di rengasdengklok yang semakin banyak, maka akhirnya, Bp. Eddy Suryana mengambil inisiatif untuk meminjamkan rukonya untuk dijadikan Maha Cetiya di Jl. Berdikari. Pada fase kedua inilah jumlah umat muda-mudi mulai semakin banyak dan makin berkembang.
Fase Ketiga : Pada fase ini mulailah muncul gagasan-gagasan untuk mendirikan Vihara. Vihara Surya Adhi Guna akhirnya selesai diidrikan pada tahun 1984. Pembangunan Vihara ini terlaksana akibat bantuan dari umat Buddha di Rengasdengklok. Saat itu kita membangun Vihara dengan fasilitas dhammasala di bagian depan dan kuti (satu lantai) di bagian belakang. Pada tahun 1997 terjadi kerusuhan yang menyebabkan kerusakan parah pada Vihara kita. Akhirnya dengan bantuan dana umat intern dan luar kota dibangunlah kembali Vihara dengan fasilitas dhammasala di bagian depan dan kuti (tiga lantai) di bagian belakang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search