Selasa, 11 Agustus 2009

Sidhi : Ketua Terpilih PMV SAG 2009-2010

Kebhaktian Remaja, 08 Agustus 2009
Protokol : Melisa
Penyalaan Lilin Altar : Indra
Dhammapada : Meylianawati Dewi dan Raditha
penulis : Sidhi (Facebook)

Seperti yang kita ketahui bahwa minggu lalu kita telah memilih enam calon ketua menjadi tiga calon ketua. Maka pada malam ini kita akan melakukan pemilihan putaran kedua yang akan menghasilkan keputusan, siapakah diatara ketiga calon ketua tersebut yang akan menjadi Ketua PMV Surya Adhi Guna, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II.
Acara pemilihan putaran pertama pun dimulai oleh Ci Grace dengan memanggil ketiga calon ketua terpilih ke depan. Pada momen ini Ci Grace membahas mengenai dua tugas utama yang diberikan oleh Ci Grace kepada ketiga calon terpilih. Seperti yang kita ketahui pada akhir pemilu putaran pertama, ketiga calon ketua terpilih diberikan tugas untuk membuat profil biodata yang akan ditempel di mading dan artikel mengenai riwayat hidup Buddha Gautama.
Semua calon ketua telah mengerjakan dan mengumpulkan tugas tersebut dengan baik. Hanya saja masih terdapat kekurangan di dalam ketepatan waktu pengumpulan yaitu tugas profil biodata masing-masing ketua dikumpulkan agak terlambat dari waktu yang ditentukan. Akan tetapi untuk tugas artikel riwayat Buddha Gautama kami mengumpulkan tepat waktu dan malah Saudari Nanda mengumpulkan lebih dulu dari jangka waktu yang ditentukan. Akan tetapi menurut ci Grace secara global semua para calon ketua telah melakukan semua tugas tersebut dengan baik dan sudah semaksimal mungkin.

Ci Grace pun bangga kepada kami semua para calon ketua terpilih telah melakukan tugas dengan baik dan melakukannya dengan usaha sendiri tanpa melihat atau meniru pekerjaan teman kalian.. Ci Grace berkata, “Memang isi cerita artikel masih ada yang berisi kontoversi atau tidak sesuai dengan cerita sebenarnya dan terdapat perbedaan isi cerita yang berbeda antara artikel tiap calon ketua.” Sebagai contoh dalam artikel saudara Dwi diceritakan mengenai kisah Pangeran Siddharta bermeditasi di pohon jambu saat festival panen sedangkan yang lain tidak membahas mengenai hal itu. Intinya setiap masing-masing artikel mempunyai gaya bahasa dan keunikan tersendiri. Ci Grace pun berkata bahwa jika ketiga artikel tersebut digabungkan akan menjadi sebuah artikel riwayat hidup Buddha Gautama yang lebih sempurna.
Dan selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang harus di jawab langsung oleh para calon ketua dalam waktu satu menit, pertanyaan itu adalah : “Apakah kalian menganggap diri kalian bertangung jawab? dan “Apakah tanggung jawab itu menurut kalian?” .
Lalu pertanyaan tersebut dijawab sebagai berikut:
• Saudari Nanda, “Saya adalah orang yang kadang bertanggung jawab dan kadang dapat tidak bertanggung jawab.” Apabila tugasnya benar-benar darurat atau sangat memerlukan pertanggung jawabannya maka ia akan bertanggung jawab. Tanggung jawab adalah sesuatu yang perlu kita miliki ketika kita melakukan sesuatu.
• Giliran kedua adalah diri saya sendiri. Saya menjawab bahwa saya tidak tahu apakah dia bertanggung jawab atau tidak, umat orang lain yang bisa menilai dirinya. Akan tetapi Ci Grace meminta saya untuk menilai diri saya apakah saya bertanggung jawab atau tidak, saya menjawab tidak karena saya merasa masih ada saja suatu keadaan tertentu dimana saya melakukan tanggung jawab dengan tidak maksimal . Padahal bagi saya tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita tanggung bagaimanapun keadaannya.
• Dan yang mejawab paling terakhir adalah saudara Dwi. Dwi menjawab bahwa dia masih belum mempunyai tanggung jawab yang cukup akan tetapi dia akan berusaha menjadi lebih bertanggung jawab. Tanggung jawab menurut Dwi adalah sesuatu yang harus kita tanggung dan pertanggung jawabkan.

Dan yang berikutnya adalah sesi diskusi para calon ketua dengan dibantu oleh tim suksesnya. Pada sesi ini Ci Grace meminta para calon ketua untuk mendiskusikan tentang proyek apa saja apa saja yang akan mereka lakukan, seandainya mereka menjadi ketua yang terpilih:
• Saya mempunyai proyek yaitu:
- akan membuat jaket vihara
- mengusahakan agar organisasi berjalan sesuai dengan fungsinya
- mengusahakan agar semua anggota PMV baik yang menjadi pengurus atau bukan pengurus selalu terlibat dalam kegiatan yang dilakukan
- olahraga bersama setiap minggu
- acara ulang tahun bersama
• Saudari Nanda juga mempunyai proyek tersendiri yaitu:
- Proyek pertamanya akan mensosialisasikan demokrasi dalam pengadaan kegiatan-kegiatan vihara. Bagi Nanda setiap kegiatan yang dilakukan harus ada kekompakan antara pengurus dan kawan-kawan bukan pengurus. Oleh karena itu semua saran harus ditampung agar ditemukan suatu jalan yang menampung aspirasi bersama dan menjaga kekompakan bersama.
- akan mengadakan kegiatan olahraga bersama
- mengusahakan agar kebhaktian remaja dihadiri oleh anggota sangha
- mengadakan kunjungan ke vihara yang lain.
• Sedangkan proyek saudara Dwi adalah:
- Dia akan menyita semau HP pada saat kebhaktian agar tidak menggangu pada saat kebhaktian berlangsung
- Mengadakan games-games yang seru seperti games cerdas cermat untuk memperdalam keyakinan terhadap Buddha Dhamma

Setelah itu Ci Grace memberikan kesempatan kepada setiap tim sukses untuk memberikan keyakinan kepada seluruh pemilih bahwa calon ketua yang mereka dukung adalah terbaik. Para tim sukses memberikan beberapa pendapat mengenai kelebihan dari para calon ketua masing-masing yang mereka dukung.
Sebekum berlanjut kepada sesi pemilihan, Ci Grace mengeluarkan pertanyaan yang tak kalah penting yaitu apakah yang kami lakukan jika kami tidak kepilih menjadi ketua. Jawaban kami hampir seragam yaitu intinya kami akan menerima hasil tersebut dengan lapang dada dan akan menbantu yang terpilih untuk menjalankan proyeknya.

Dan akhirnya tibalah sesi pemilihan. Akhirnya pemiliu putaran kedua pun selesai dengan hasil sebagai berikut Saya mendapatkan hasil 21 suara, saudari Nanda mendapatkan 12 suara dan saudara Dwi mendapatkan 7 suara. Dengan hasil ini maka saya diberikan kepercayaan untuk menjabat ketua PMV SAG periode 2009/2010. Sedangkan saudari Nanda akan membantu kepengurusan PMV SAG periode 2009/2010 sebagai wakil ketua I dan saudara Dwi sebagai wakil ketua II.
Pada malam ini juga saya diberikan kesempatan untuk memberikan kata sambutan pertama karena telah terpilih sebagai ketua PMV SAG 2009/2010. Dalam momen ini saya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh kawan-kawan semua kepada diri saya dan terima kasih kepada tim sukses saya yaitu saudara Antoni, saudara Agil, saudara Yesi, dan saudara Ratna.Sari yang telah bersedia membantu saya dalam proses pemilu ini.
Demikianlah proses demokrasi yang telah dijalankan oleh kami PMV Surya Adhi Guna dalam menentukan Ketua PMV periode 2009/2010. Semoga ringkasan ini memberikan manfaat bagi kita semua. Semoga proses demokrasi dapat dilaksanakan selamanya.
Sadhu...! Sadhu…! Sadhu…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search