Sabtu, 07 Maret 2009

Buddha Bar Jakarta



Hidup kalo gak ngegosip, gak seru kali ya...

November 2008, Buddha Bar Jakarta grand Opening....

Setelah itu banyak protes, kritikan dan segala tuntutan di luncurkan ke yang empunya BAR, yang konon anak Mantan jendral, Mantan Gubernur & Calon Presiden.

Kita sebagai Umat Buddha, apa mesti kebakaran jenggot dari hal ini?

kalo kebakaran jenggot, kenapa?
apa karena ada arca BUDDHA nya?
apa karena nama BUDDHA BAR?

kalo karena arca nya:
sekali lagi umat Buddha menganggap Arca Buddha sesuatu yang istimewa,
dari arca borobudur, orang rela mencuri dan menjualnya ke luar negri...
dari Patung Buddha Terbesar di afganistan, orang rela berbuat keji mem BOM, peniggalan bersejarah..

Arca hanya lah sebuah ARca, yang membuat arca tersebut sebagai objek penghormatan , adalah kita Umat Buddha Sendiri..
Orang lain hanya menganggap arca tersebut hanya karya seni dari tanah liat yang menggambarkan seseorang yang sempurna...

Guru Buddha sendiri tidak pernah menganjurkan umat untuk membuat atau memiliki arca NYA di rumah atau mempunyai arca untuk di puja...

yang patut di puja adalah Historis BUDDHA & esensi ajaran Buddha itu sendiri..

Kalo karena nama nya BUDDHA-BAR:
dari orang perancis sendiri ( Franchisor BUDDHA-BAR ), menyatakan nama Buddha-Bar di ambil karena arti nya :
Buddha Bar = Bar Pencerahan,

kalo diliat dari kebiasaan & adat orang Luar negri, Mungkin jadi hal yang lumrah kalo ada masalah , ujung2 nya pergi ke BAr untuk minum alkohol..
dengan ada nya Arca, mungkin bisa membuat efek psikologis, membuat para pelanggan BAr tersebut menjadi lebih tenang..lebih damai & setelah pikiran nya terkendali, mereka mengurangi konsumsi alkohol nya, dan hanya mengonsumsi Jus atau makanan lezat yang juga di sediakan di Buddha Bar tersebut...

sekarang Dari sisi mana penodaan agama Buddha nya??

Kalo di dalam Bar tersebut ada aktivitas yang kurang senonoh dengan mengatasnamakan ajaran Buddha, baru, itu yang namanya pelecehan/penodaan agama!
semoga bermanfaat
beHappy

4 komentar:

  1. klo gak ada demo itu bukan indonesia namanya, hehehe

    BalasHapus
  2. Namo buddhaya.
    Kalo memang bar itu bar pencerahan ganti saja namanya dengan enlightenment bar. Artinya sama, tapi tidak menyinggung agama lain.
    Dengan begitu tetap terpelihara.
    Saya berpikir tidak ada satu agamapun yang tidak menghargai agamanya sendiri. Bila kita ingin dihargai, hargailah agama yang lain.

    Mabuk-mabukan tidak sesuai dengan ajaran buddhis, selain itu seseorang yang tidak menjaga sila tidak mungkin batinnya tenang.
    Coba kita tanya ke dalam diri kita, pernahkah ketika kita melakukan kesalahan di vihara, bathin kita menjadi tenang hanya karena di sana (di vihara) terdapat arca budhha.
    Saya pikir tidak...
    Tidak mungkin tenang hanya melihat sebuah arca.

    BalasHapus
  3. Nomo buddhaya
    kalo mau ksh komen seh sebener nya kesan bar itu sendiri di indonesia seperti pa?maka,dari itu banyak yang protes.

    setuju dengan komen sebelum na mungkin kalo artinya bar penjerahan boleh ganti nama yang agak sopan dan tidak menyinggung agama mana pun.

    thx...Be Happy^O^

    BalasHapus
  4. Namo..Buddhaya
    Ahhh saya mah yang penting mah itu hrs ditutup..soalnya apa kalo dibiarkan apa kata dunia...maksudnya apa kata umat lain, wong Nama Buddha -nya sendiri nga diprotes..tuh Bar ama umat buddha.Nanti ke depannya pasti pada ngikutin..soalnya nga ada reaksi dari umat buddha sendiri..skarang dibalik aza lah kalo wong pemiliknya itu pake nama agamanya atau pake sesepuh agamanya teruss di..tambahin Bar..lah pasti sewoot begitu..Emang mau Nama Agung junjungan kita di buat untuk Bisnis...nga tega lah ..Harusnya Pemda DKI tuh harus di telaah dulu apa konsep dan isi dari pembukaaan bisnis bar itu sendiri..apalagi menyinggung salah satu Umat Beragama yang ada di Indonesia..ok deh ntu azaaa..Namo Buddhaya

    BalasHapus

Search