Senin, 07 September 2009

Pelantikan Pengurus PMV 2009-2010

lihat foto pelantikan lainnya : disini!
Kebaktian Remaja, 5 September 2009
Protokol : Ratnasari
Acara : Pelantikan Ketua & Pengurus PMV 2009-2010
Penulis : Tommy ( Facebook )

Tidak terasa sudah setahun yang lalu masa kepengurusan saudari Yessica F.S. ( Facebook ) dan kawan-kawan berlalu. Banyak kejadian-kejadian penting yang muncul pada masa kepengurusan periode ini. Mungkin, beberapa tahun mendatang, orang akan terus mengingat masa periode ini. Kenapa? Karena banyak hal-hal baru yang muncul pada tahun ini.

Kebangkitan semangat Persaudaraan Muda-mudi Vihara Surya Adhi Guna, memang tidak dimulai pada tahun kepengurusan 2009-2010, tapi hasil dari kebangkitan semangat ini, begitu terasa pada tahun kepengurusan ini. Muncul kembalinya Dharmashanti Waisak merupakan salah satu kejadian yang menandakan kemajuan PMV SAG.

Beberapa tahun silam, saya bersekolah di sebuah sekolah swasta yang cukup terkenal di kota tempat saya tinggal. Sekolah tersebut mengharuskan para siswanya untuk belajar pendidikan agama Katolik. Sehingga, mau tidak mau, saya mengikuti berbagai macam kegiatan yang diadakan. Dari kesenian, lomba-lomba untuk meningkatkan keakraban hingga yang tak kalah pentingnya adalah ret-ret yang membuat kualitas spiritual para siswa menjadi lebih baik. Rasa persaudaraan antara para komunitas gereja pun terlihat begitu kompak, hangat dan akrab. Dari hal-hal tersebut, saya berpikir, “ Kalo di Vihara ada kegiatan-kegiatan kaya gini, wah mantap.. saya bakal rajin ke Vihara.” Saat itu saya belum rajin datang ke Vihara, dan memang kegiatan di Vihara saat itu pun tidak seperti yang diadakan gereja di sekolah saya.

Dari pengalaman di sekolah, akhirnya saya mencoba datang ke Vihara. Pada waktu itu mungkin sekitar tahun 2003-2004. Tapi sayang, apa yang saya temukan saat itu, jauh berbeda dengan kondisi komunitas gereja yang saya inginkan. Umat yang hadir hanya beberapa orang, sekalipun banyak yang datang, mereka lebih memilih untuk tidak masuk ke dalam Dhammasala. Kebaktian rutin, sering sekali tidak ada acara. Jadi hanya membaca paritta, lalu pulang. Banyak hal yang membuat saya merasa Vihara ( Vihara Surya Adhi Guna 2003-2004 ) bukan lah tempat yang cocok untuk saya mencari komunitas untuk berbagi. Sempat terpikir untuk pindah ke gereja.

Dari penjelasan saya diatas, kondisi tersebut sangat berbeda jauh dengan kondisi Vihara pada tahun 2008-2009. Pada tahun emas ini, saya rasa saya telah menemukan komunitas yang memang saya cari sejak masa sekolah dulu. Komunitas yang dapat berbagi pengalaman hidup, komunitas yang dapat bertukar ilmu, saling membantu, memiliki rasa kekeluargaan dan saling membangun.

Tentu kemajuan perkembangan PMV Vihara Surya Adhi Guna tidak lepas dari peran penting para pengurus PMV yang diketuai oleh saudari Yessica F.S. dan sosok di balik layar, yakni Saudari Grace Chandra ( Facebook ). Peran pentingnya, membuat Dharmashanti waisak yang sudah sangat lama vakum di Vihara Surya Adhi Guna, kembali muncul pada masa kepengurusan ini. Ditambah lagi, pada tahun ini diterbitkannya “Buletin Setetes Embun”, sesuai dengan namanya, menyegarkan dalam hal membagi Dhamma kepada para Umat Buddha di Rengasdengklok dalam bentuk buku kecil ( Majalah/buletin ) berisi Dhamma dan dibagikan secara gratis. Belum lagi dorongan & motivasi Sdri. Grace Chandra untuk para pengurus 2008-2009 ini banyak membuahkan hasil. Sejumlah piala dan penghargaan untuk PMV SAG menjadi bukti penguat, bahwa perkembangan PMV ini memang betul-betul sangat meningkat jika dibandingkan dengan masa sebelumnya.

Hari ini 5 september 2009, adalah akhir dari masa kepengurusan Sdri. Yessica F.S. dan jajarannya. Tapi bukan berarti akhir dari masa emas kemajuan Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Surya Adhi Guna. Sudah banyak rencana kegiatan ke depan yang akan dilanjutkan oleh kepengurusan selanjutnya. Dan saya yakin, dengan konsistensi dan komitmen untuk terus berkarya demi kemajuan Buddha Dhamma, akan membuat komunitas PMV terus maju.

Hari ini, kami kedatang tamu yang sangat spesial, tamu yang sudah tidak asing lagi, yakni Sdri Ivana Miharja Kusuma S.E. Ak. (Facebook)
, yang merupakan ketua dari SEKBER PMVBI Jawa Barat periode 2009-2012. Iva panggilan akrabnya, sudah 2 kali datang ke Vihara SAG. Kali ini kedatangannya khusus untuk melantik ketua terpilih Sidhi Agustiana Taniman ( Facebook ), beserta jajaran pengurus PMV SAG periode 2009-2010. Jauh-jauh dari bandung, Iva bersama 4 orang ( Yenni, Metta, Friski dan seorang lain yang saya lupa namanya. ) teman yang juga merupakan pengurus SEKBER PMVBI Jabar terus semangat datang ke Vihara kami di Rengasdengklok.

Pelantikan dimulai dengan laporan pertanggungjawaban saudari Yessica F.S. selaku ketua PMV periode 2008-2009. Dan penyerahan laporan tersebut pada Sdri. Ivana. Setelah itu, para pengurus diminta untuk tampilkan ke depan dan mengucapkan janji pengurus yang dipandu langsung oleh saudari Iva. Lalu Sidhi, menandatangani surat kepengurusan PMV masa bakti 2009-2010. Tidak lupa, Bpk Hemartha Viryajaya dan Bpk. Uu Dharmawan diminta untuk tampil ke depan untuk menandatangani surat kepengurusan sebagai saksi.

Setelah Penandatanganan selesai, tiba saatnya saudara Sidhi, ketua terpilih periode 2009-2010 diminta untuk tampil ke muka, untuk memberikan kata sambutan.
Dengan agak sedikit grogi, saudara Sidhi meminta teman-teman yang lain untuk terus bekerja sama. Sidhi bercerita tentang sekumpulan singa yang berbadan kecil, akan dapat menumbangkan seekor gajah yang berbadan besar. Sama halnya dengan bekerja sama antar pengurus. “Visi & misi yang saya sebutkan, tidaklah ada artinya tanpa ada kerja sama yang solid” begitu pesan Sidhi pada kata sambutannya.

Setelah itu, Sdri. Ivana memberikan kata sambutan. Di dalam sambutannya, Iva memberikan selamat pada ketua Terpilih dan para pengurus yang baru. Dan mengucapkan banyak terima kasih pada ketua sebelumnya, Sdri Yessica F.S. dan jajarannya.

Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bpk. Hemartha Viryajaya selaku Ketua MBI Rengasdengklok. Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada ketua terpilih dan menasehati para pengurus baru untuk siap mendapat celaan. Karena celaan tersebut dapat membuat semangat para pengurus menjadi menurun, tapi apabila disikapi dengan positif, justru celaan akan menjadi suatu pembelajaran yang sangat baik.

Setelah kata sambutan dari Ketua MBI, kata sambutan dilanjutakan oleh Ketua Vihara Surya Adhi Guna, Bpk. Uu Dharmawan dan Romo Pannajayo.

Setelah acara pelantikan selesai, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan makan bersama. Semoga bermanfaat.
lihat foto pelantikan lainnya : disini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search